Kerjaan

 

Kerjaan kita emang cuma blajar blajar blajar

Blajar buat pahami diri sendiri

Blajar menjadi manusia tuk makhluk yg lain

Blajar agar hidup lebih baik

sampai mati.


Setiap agama ngajarin tiga point tsb

Semua tertata rapih dlm lembar sabda masing2 panutannya.


Tp yg bikin complicated,

kita punya sebuah karakter.


Kaya gw, punya karakter sotoy, misalnya

Ngerasa cara pikirnya paling bener sendiri diantara byk manusia lain

lalu gw campur adukin masalah A dan B dgn modal sotoy

yang akhirnya, "Iya gw islam tp pake cara gw"


Sotoy.

Lu baru hidup 5 menit, blajar gak menyeluruh tbtb "pake cara gw".


Karakter bisa digerus gak?

Gak bisa, tp dia bisa melemah dgn karakter pendukung lainnya.


Misalnya dlm diri sendiri jg ada karakter skeptis

Ngerasa ragu sama cara berpikir akhirnya perasaan sotoy itu lama-lama berkurang,

tapi ini jarang ditemui

Kecuali dia bisa memposisikan diri.


Atau bisa juga karakter partner yg bikin kita ngerem ketika berpikir

"Ohiya gw butuh validasi/dukungan nih, gw tanya partner gw dulu deh"

Ini paling sering ditemui tp susah untuk dpt yg ok.


Kadang ada partner yg "Kau selalu memuji apapun hasil tanganku yg tidak jarang payah"

ada juga yang "Tuntutlah sesuatu biar kita jalan ke depan". Muhammad Tulus emg top bgt dagh.


Yaudah balik lagi,

Ini mungkin sotoynya gw ya tp coba dibaca dulu,


Kita akan selalu dalam proses belajar

Gak tua gak muda gak laki gak wanita, semua manusia.

Yang pertama, lo harus punya pegangan hidup.

Lalu, lo harus punya mentor/panutan.

Dan punya partner/primary person yg ok dlm mengerem cara berpikir lo yg kocag itu.


Be patient, kerjaan kita semua sampai mati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Si Dia

Hasil Akhir Pemilu: Demokrasi Tumbuh

Lepaskan Tangismu