Kebulah



Sebelum gue bercerita, gue mau memperkenalkan dulu para tokoh;

Regina: atlet bulu tangkis yang cekatan. Suka narsis kalo difoto, anaknya koplak dan sobat gue yang setia sampai sekarang.   
Amel: pemain keyboard yang sering galau. Sensitive, lebay dan sering negative thinking, juga sobat gue yang setia sampai sekarang.
Pancari: genius dari 7.1 yang sering dijadiin contekan anak-anak sekelas dan penyayang pada sesama.
Nirmala: selalu ceria, pemarah, jadi bahan ejekan anak-anak sekelas, baik, dan sholehah.
Herdi: cowok koplak yang idiot. Pinter bahasa Inggris dan berambisi jadi Ariel ‘NOAH’
Nabil: makhluk aneh yang sering jatuh tanpa sebab, koplak, idiot, suka makanin kertas dan sering berantem sama Nirmala tentang jerawat.
Dhani: ketua OSIS yang punya predikat sebagai The King of Modus di sekolah. Idiot, lebay, kadang tegas, suka bikin Herdi kesel dan sering nyuruh-nyuruh orang.
Gue sendiri jadi orang yang pemalu dan polos (boong). Kata anak-anak juga gue kreatif, dalam artian bisa membuat kata-kata yang menarik buat jadi bahan gaya-gayaan. Termasuk koplak juga, lebay, sering amnesia sesaat dan sebagai tempat curhatan mereka.

            What is kebulah? Oke, gue tau itu nama asing banget ditelinga lo, tapi kalo ditelinga gue sih enggak. Mari kita flashback.
Jadi, dulu gue dapet kelas di 7.1, kelas paling deket sama kantin dan paling awal buat disebutin pas kelas tujuh. Pertama kali gue masuk situ emang asing banget, secara gue siswi baru di SMP 3. Hari pertama, gue awali dengan perkenalan sama anak-anak di kelas. Gue duduk bareng alumni SD Karang Tengah 7 yang (waktu dulu) culun, namanya Tiya. Terus yang duduk dibelakang gue, Regina sama Pancari. Selama masa MBS, cuma mereka doang temen gue.
            
Ketika udah belajar efektif, gue mulai kenal sama temen-temen lain, kaya Amel, Nirmala, Friska, Cindy, dan yang lainnya. Yaudah, selama istirahat,  sholat, atau apapun itu kita selalu bareng. Tapi lama-kelamaan, tinggal gue, Amel, Regina, Pancari, Nirmala, Friska, yang masih barengan terus. Yang lain kemana? Mungkin mereka udah punya temen baru. Okesip. No problem. Itu hak mereka.

            Beberapa bulan kemudian gue makin deket sama mereka berlima. Hingga suatu saat,
“Eh, si Pancari kok mirip Bu RT ya?” kata Regina, (waktu dulu masih jamannya sinetron suami-suami takut istri).
            “Oiyaya. Hahaha.” Jawab kita dengan kompak Akhirnya, anak-anak sekelas kalo manggil kita berenam dengan sebutan ‘Geng Bu RT’. Kita berenam sih asik-asik aja, selama kita gak macem-macem dan ngelanggar aturan. Semenjak itu ‘Geng Bu RT’ kalo ngerjain tugas bareng, curhat bareng, sampai ke Kamar mandi pun bareng.

            Gatau kenapa anak-anak ‘Geng Bu RT’ itu dikenal sama guru (yang ngajarin 71). Jadi misalnya, sedikit-sedikit Pancari, sedikit-sedikit Amel, dan apapunlah. Karena itu, banyak teman-teman di kelas yang gak suka sama ‘Genk Bu RT’. Mungkin karena mereka sirik aja kali ya. Gue sih sama Regina cuek aja kalo ada orang yang sirik sama kita, cuma si Amel, Pancari, Friska, Nirmala aja yang terlalu dipikirin. Tapi ‘Genk Bu RT’ gak bubar sampai disitu, sampai suatu saat gue, Regina, Amel berubah.

            Perubahan itu dimulai dari awal semester genap. Gue, Regina, Amel, deket sama anak-anak cowok di kelas. Mereka  bernama Dhani, Herdi, Nabil. Gue, Regina, Amel jadi sering maen sama mereka bertiga di kelas, maupun didepan pintu kelas. Jadi, kebiasaan kita berenam tuh nongkrong di depan pintu kelas 7.1 sambil nyender (kalo pelajaran kosong gak ada gurunya). Kebetulan si Dhani itu ketua kelas di 7.1, jadi emang udah direncanain kalo pas pelajaran kosong, guru gak usah dipanggil.

“Nat, nama perkumpulan anak-anak idiot ini KEBULAH aja ya.” Ucap Nabil.
 “Apaan tuh?” Tanya gue dengan tampang bingung.
”Kelas Bu Illah”. Kebetulan Wali Kelas kita Bu Illah Jamilah. Oke, akhirnya dengan persetujuan Regina, Amel, Herdi, Dhani, nama perkumpulan kita adalah KEBULAH.

            Mulai saat itu, KEBULAH kompak banget. Pernah waktu itu kita mau ngerjain guru IPA, namanya Bu Khamsiah. Rencananya, waktu Bu Khamsiah mau masuk ke 7.1, pintu ditutup, terus KEBULAH ngagetin dari dalam. Oke, gue pikir itu rencana sempurna. Tapi, hasilnya malah senjata makan tuan. Pas Bu Khamsiah buka pintu kelas, kita yang kaget. Bu Khamsiah malah diem, tanpa ekspresi. Kalo lo liat tampang kita semua pasti bakal ngakak deh, koplak banget. Apalagi si Herdi, dia yang ngusulin jebakan tapi dia malah yang kaget banget. Abis kejadian itu, KEBULAH minta maaf kok, abisnya pelajaran IPA bikin boring. Untung aja tuh Bu Khamsiah malah ketawa-ketawa denger kita minta maaf gara-gara kejadian itu.

            Emang, KEBULAH di kelas udah identik dengan jail, bandel, koplak. Sampai-sampai Pak Guntur capek ngomelin kita terus. Tapi walaupun begitu, KEBULAH termasuk anak-anak kesayangan Pak Guntur, lho. Setiap ada pertanyaan menyangkut mata pelajarannya pasti yang ditunjuk anak KEBULAH, itu udah pasti. Terus kalo disuruh-suruh, pasti juga anak KEBULAH. Ya KEBULAH kayak semacam asistennya Pak Guntur juga sih, haha. Pernah juga, Pak Guntur dikerjain sama anak KEBULAH dengan cara menumpahkan isi tinta spidol papan tulis ke penghapus papan. Waktu Pak Guntur menghapus tulisan yang ada dipapan, lo taulah papan tulisnya mendadak hitam gara-gara tinta itu.

“Hayoloo Pak Guntur, hayolooh Pak Guntur!” Teriak kita dengan kencang. Pak Guntur hanya memandangi papan tulis dengan ekspresi kosong, tak berkedip

Pernah juga pas pelajaran Mr. Bahar kan ulangan, KEBULAH kompak pada nyontek massal. Untung aja Mr. Bahar gak ngeliat, kalo ketahuan pasti disuruh lari keliling lapangan 10 kali. Mr. Bahar pun juga sama kayak Pak Guntur. Walapun sering ngomelin KEBULAH, kita tetep jadi anak kesayangan. Apalagi Herdi sama Nabil, mereka berdua gitu-gitu jago bahasa Inggris. Kalo soal guru, KEBULAH cuman gak bisa jadi anak kesayangan Pak Sukiman. Abisnya, beliau kan guru BP. Ya, lo tau sendirilah, guru BP gimana.

Oiya, walaupun KEBULAH keliatan strong, tapi kita punya satu kelemahan yang emang bener-bener gue, Amel, Regina, Herdi, Dhani, Nabil gak suka. Yaitu, hamster. Setiap si Marsya sama Hyosita bawa hamster ke Sekolah (mereka pencinta hamster) udah deh, KEBULAH gak bisa ngelawan. Kita cuma pasrah, kalo enggak paling lari-larian dikejar hamster. Kalo KEBULAH dikasih hamster, senjata kita cuma satu “Gue bilangin Pak Sukiman lho, lo berdua bawa hewan ke Sekolah”. Abis itu gantian, mereka berdua yang pasrah. KEBULAH seneng banget pas ngeliat hamsternya Marsya kejepit diretsleting tas dia. Uhh, rasanya bebas dan damai. Tapi sebenernya kasian juga sih. Hahaha. 

Ngomong-ngomong soal Hyosita, si Nabil bikin Negara Alay yang terinspirasi dari Hyosita. Karena kita berenam kesel sama Hyosita dan temen-temennya. Makanya si Nabil memutuskan yang menjadi Presiden di Negara tersebut adalah Hyosita. Wakilnya adalah Farah Salni, yang kebetulan cocok. Dan yang lain menjadi warga Negara Alay.

”Hormat kepada presiden, gerak!” Ucap Nabil.

Karena kita warga Negara yang sopan, semua kompak hormat kepada Hyosita dan Farah. Mungkin sampe sekarang Hyosita sama Farah masih dendam sama kita gara-gara sering diledekin kayak gitu. Hahaha

KEBULAH waktu itu kompak beli big cola bareng-bareng. Big cola-nya dikocok-kocok kan tuh, biar sodanya keliatan ngembang. Bareng-bareng kita buka satu… dua… tiga… Apa yang terjadi? Yap, sodanya berhamburan keluar, baju kita yang tadinya putih jadi merah gara-gara kena soda. Dan akhirnya badan kita jadi lengket semua. Oke, kita emang bego (udah tau bakal muncrat, kenapa dibuka segala coba?. Tapi walaupun kita jadi lengket-lengket gak jelas, kita tetep ketawa kayak orang nggak punya dosa. Pas kita masuk kelas (itu kejadian pas diluar kelas), semua anak tertuju pada kita. Dengan pedenya kita masuk, serasa artis yang lagi diliatin sama fans-fansnya. Untung gak ada guru. Yaudah, kita langsung bersih-bersihin baju, terus langsung cabut kedepan kelas lagi.

Kekompakan KEBULAH semakin terlihat pada saat Nabil sakit dan dirawat di Rumah Sakit. Udah beberapa hari dia gak masuk dan KEBULAH sepi tanpa dia. Ya, emang dia anaknya bawel, sih. Jadi KEBULAH merasa kehilangan banget. Kebetulan Bu Illah nyuruh perwakilan dari 7.1 buat jenguk Nabil. Akhirnya udah fix, KEBULAH jenguk. Kita bolos pelajaran buat jenguk Nabil. Pas nyampe di Rumah Sakit, Nabil terbaring lemah tak berdaya (ini lebay). Nabil malu-malu gitu pas ketemu kita. Padahal sih kalo di Sekolah dia nggak bisa diem banget. Gara-gara ada neneknya, dia jadi gak enak mau ngomong ceplas-ceplos kayak di Sekolah. Nabil nggak nyangka kita bakal dateng buat jengukin dia. Si Nabil langsung sehat, lho, pas ketemu kita. Mungkin karena separuh jiwa Nabil adalah KEBULAH. Hahaha

Karena KEBULAH kompak, setia kawan, dan terkenal. Banyak anak-anak seperti si Rafly, Dafis, Bayu, Bagas, Cindy, Audira pengen masuk ke KEBULAH. Dengan tegasnya kita menjawab “Tidaaaakkk!!!”. Mereka mau jadi anggota KEBULAH sebenarnya kepengen eksis doang kayak kita (sombong), tapi mau gimana lagi, kita berenam udah klop abis, udah pas berpasang-pasangan. KEBULAH itu limited edition, nggak semua orang boleh masuk. Dan cuma orang yang punya jiwa ketegaan doang terhadap sekitar.

Tapi, sayang. Pas study tour gue nggak sekelompok sama Herdi dan Nabil. Mereka udah dapet kelompok duluan, jadi pisah deh sama anak KEBULAH yang lain. Cuman ya tetep, gue sekelompok sama si Regina, Amel, Dhani. Selama di bis, anak-anak KEBULAH kerjaannya makan, nyanyi-nyanyi, malakin makanan anak-anak, sama ngegosip. Pas nyampe di Taman Bunga, anak-anak KEBULAH (kecuali Dhani) sepakat untuk masuk ke Taman Labirin. Awalnya kita santai, nggak panik. Tapi 30 menit kemudian, si Herdi sama Nabil hilang. Gue,Regina, Amel yang tadinya udah sampe tengah-tengah labirin balik lagi buat nyari mereka berdua. Pas lagi nyari, kita ketemu Bagas. Ada sekitar 15 menit kita nyari mereka berdua, tau-taunya ada yang neriakin kita berempat “Woiiii!! Belok kiriii”. Pas kita tengok ,ternyata itu adalah suara si Nabil dan Herdi yang ada di Menara luar Labirin. Astaga, kita udah susah payah nyari mereka, tapi mereka udah keluar duluan. Rasanya tuh, kayak pengen matahin badannya Herdi sama Nabil jadi lima. Akhirnya, kita berempat yang kejebak di Labirin. Udah ujan, becek, tempatnya serem, cuma berempat lagi. Selama 20 menit kita di dalam labirin, kita udah sepakat buat nyeburin Herdi sama Nabil ke kolam. Haha tapi gagal, kita malah seneng-seneng di sana.

Tapi anggota KEBULAH ada yang mengkhianati 7.1, tebak siapa? Tuh, dua perempuan yang lagi kasmaran. Amel sama Regina. Mereka punya pacar di 7.7. setiap 7.7 sparing sama 7.1 pasti mereka berdua jagoin 7.7. Padahal, 7.1 kan kelas mereka, tapi mereka malah belain kelas pacarnya.

“Woi, di 7.1 ada pengkhianat nih! Masa lebih belain kelas pacar daripada 7.1” kata Dhani.
“Haha, iye-iye, maaf. Lain kali enggak lagi, kok.” Si Regina sama Amel merasa tersindir dan buru-buru minta maaf Tapi tetep aja pas sparing lagi mereka malah bela 7.7. Emang dasar yak.

Saat ulangan umum, KEBULAH juga kompak lho! Jadi, kan kalo ulangan semester kelas 7.1 dibagi jadi dua ruangan, dan ternyata si Nabil, Dhani, sama Amel satu ruangan. Gue, Regina, Herdi juga satu ruangan. Yaudah, nyontek massal pun berjalan dengan baik. Sampai akhirnya, saat waktu remedial yang masuk adalah Herdi, Dhani, Nabil. Gue, Amel, Regina pun bahagia karena nggak diremed.

 “Jaman remed?? Cupss.” Ucap kita bertiga dengan bangga. Tapi pas mereka remed, kita bertiga tetep bantuin  juga, sih. Dan alhamdullilah, mereka remednya cuma beberapa pelajaran aja.

Sambil remed, OSIS SMP 3 ngadain class meeting. Di KEBULAH yang ikut cuman Herdi sama Dhani. Si Nabil kan emang lemah lembut, makanya lebih baik dia men-suport bareng gue, Regina dan Amel. Selama 7.1 bertanding lawan kelas lain. Kita berempat kompak men-suport mereka dengan heboh. Jadi, anak-anak 7.1 pada ketawa gara-gara ngeliat cara kita men-suport mereka. Awal-awalnya sih 7.1 menang, sampai akhirnya malapetaka terjadi. 7.1 dibantai sama 8.7 dengan skor 9-0. Kami berempat yang tadinya men-suport 7.1 , lama-kelamaan setelah melihat mereka dibantai, kita berubah 180 derajat. Yang tadinya ngedukung, jadi ngatain 7.1. Tampang mereka pecundang sekali. Malu banget.

“Eh bego, lo kenapa bisa kalah, sih? Gue kan udah men-suport abis-abisan.”
 “Eh, cupss. Mereka anak-anak futsal. Kalahlah kita” Kata Herdy dengan kesal.  Tapi, akhirnya suasana yang tadinya berduka gara-gara dibantai 8.7, berubah menjadi suasana yang koplak. Herdi sama Nabil pada ngelawak sampei bikin anak-anak 7.1 pada ngakak abis, pulang-pulang perut pada sakit.

Selama jadi anggota KEBULAH, gue nggak pernah galau. Pasti semangat banget buat ketemu mereka-mereka. Tujuan gue ke Sekolah emang nyari ilmu, tapi juga main sama KEBULAH. Bukan cuma gue aja, anggota KEBULAH yang lain juga bilang begitu.

“Gue lebih mending di Sekolah, deh daripada di Rumah. Di Sekolah ada lo semua, sih. Jadi seru. Haha.”  Curhat Nabil.

Gimana nggak seru, tiap hari kerjaan KEBULAH cuma ngerjain orang. Pernah sampe nangis lagi. Kayak Nirmala, tuh. Dia nangis gara-gara sepatunya kita umpetin. Jadi gini, Nirmala kan sholat, sepatunya ditinggal di Kelas. Kebetulan anak KEBULAH sholat pada belakangan. Pas keadaan sepi, sepatu Nirmala kita sangkutin ke fentilasi jendela, emang waktu itu kita udah niat dari awal mau ngerjain Nirmala. Eh, pas dia nyampe kelas, dia nyari sepatu “Huaaaaaa… Sepatu gue mana!!” Kata Nirmala. Dia nyari-nyari sampe nangis. Yaudah, akhirnya kita kasih tau tempat persembunyian sepatu kacanya (sepatu sekolah) terus minta maaf deh. Tapi, Nirmala malah tambah nangis.

Haha, semua kekompakan KEBULAH udah gue ceritain, kan? Sekarang gue mau cerita tentang masalah KEBULAH. Jadi, gini. Saking deketnya gue, Amel , Regina, Herdi, Dhani, dan Nabil. Ada gossip.

“Nadiya, Regina, Amel jadi nakal gara-gara temenan sama kebulah.” Kata Nirmala. 

 Awalnya, gue pikir mungkin dia sirik gara-gara kekompakan kita. So, karena gue sama Regina gampang terpancing, kita datengin si Nirmala.

“Lo nggak suka gue deket sama kebulah, Nir?” Kata gue dengan sopan.
“Enggak. Gue kasih tau ya, lo berubah tau gara-gara deket sama mereka. Lo jadi bandel.” Nirmala ngomong dengan ngotot.
“Berubah apaan? Gue masih tetep kayak dulu, Nir.” Kata Regina santai.
“Oke! Gue tau. Lo pengen gue, Regina, Amel balik kayak dulu? Deket sama ‘Geng Bu RT’, dan nggak usah temenan sama orang lain, selain geng Bu RT? Gue kasih tau ya, Nir. Gue, Regina, Amel temenan sama geng bu RT kan udah dari semester pertama. Sampai sekarang juga. Kalo kebulah baru dari semester dua, Nir. Ya wajarlah gue, Regina, Amel masih deket sama mereka. Gue pikir, lo bakal paham, Nir!”. Kata gue dengan nada sedikit emosi.
 “Eh, udah Nad, Nir. Ini cuma salah paham doang.” Ucap Pancari, sambil ngelerai kita berdua. Gue sama Regina langsung lari ke Kamar Mandi, diikuti dengan Amel dibelakangnya.
“Eh, gue bingung nih. Kita musti milih kebulah atau ‘Geng Bu RT’” Kata gue.
“KEBULAH lah.” Kata Regina dengan tegas.
“Gue juga, sih, Nat. Jujur, gue masih nyaman sama KEBULAH dan lagi masa-masa indah sama KEBULAH. Disisi lain gue nggak enak sama ‘Geng Bu RT’.” Amel akhirnya bersuara. Hari itu, kita bertiga bingung banget dan nggak main sama KEBULAH maupun ‘geng Bu RT, sampai akhirnya gue cerita ke Nabil sama Herdi
“Sory ya, dari kemaren kita bertiga nyuekin KEBULAH. Abisnya Nirmala bikin kita bingung.” Kata gue.
“Emang Nirmala bilang apaan?” Tanya Herdi.
“Tuh, katanya kita jadi nakal gara-gara temenan sama KEBULAH.” Kata Regina dengan nada sedikit ngotot. “Huanjirrrr. Si Alay (Nirmala)! Enak aja ngomong begitu. Masa iya gara-gara KEBULAH. Udah diemin ajaLu bertiga main ama kita lagi.” Nabil nerocos sambil marah-marah.
“Woi, Alay! Maksud lu apaan ngomong begitu ke Amel, Regina sama Nadiya?” Kata Nabil sambil nyamperin
Nirmala.
“Itu fakta, Bil. Gue nggak bohong. Lagian mereka bertiga mau aja sih main sama elo!” Nirmala yang tadinya duduk langsung berdiri.
“Mana buktinya? Liat aja besok, nilai anak KEBULAH lebih tinggi dari elo. Lo nggak berhak ngatur mereka bertiga, bergaul sama siapa. Emang lo siapa sih? Alay!!” Nabil ngomong sambil marah-marah.
“Heh, lo tuh alay. Jadi cowok sih nggak jelas. Udah kayak banci lagi” Nirmala menjawab dengan emosi.
“Lo tuh banyak jerawat!! Alay!!” Nabil nggak mau kalah. Disaat seperti itu, 7.1 yang biasanya rame jadi hening seketika. Semua mata tertuju pada mereka berdua. Untung ada Pancari sama Audira yang narik Nirmala terus dibawa ke toilet. Gue, Amel, Regina cuma cengok ngeliat pertengkaran mereka.Kita nggak nyangka, Nabil yang koplak begitu bisa jadi bijak. Haha. Yaudah, mulai saat itu gue, Amel, Regina mulai maen lagi sama KEBULAH.

Hari yang paling menegangkan buat KEBULAH adalah saat pengambilan rapor semester genap. Kita berharap KEBULAH bakal sekelas lagi dan dapet nilai yang memuaskan. Tapi, harapan itu tidak sepenuhnya terkabulkan. Amel sama Nabil masuk 8.2, Dhani masuk 8.7, gue sama Regina masuk 8.8 dan Herdi masuk 8.10. Kita semua agak sedikit kecewa gara-gara nggak sekelas bareng. Tapi, yang paling kecewa banget itu gue karena nggak sekelas sama Amel, Nabil, Herdi. Mereka tuh seru banget. Kalo nggak sekelas sama Dhani, sih, bodo amat.

“Yaelah, Nat. Slow aja. Gue sama lo cuma beda kelas. Masa iya cuma karena beda kelas KEBULAH langsung bubar. Gue kan bisa ke kelas lo. Dan lo bisa ke kelas gue. Kita tetep temenan, sih.” Kata – kata Nabil yang gue inget sampe sekarang  Okelah, gue udah nggak terlalu parno lagi.

Pas tahun ajaran baru, ketakutan gue KEBULAH akan bubarnya KEBULAH pun terjadi. KEBULAH sibuk sama tugasnya masing-masing dan udah punya kehidupan baru. Ya, emang, sih. Setiap kenaikan kelas kita harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Tapi, kan nggak harus ngelupain temen-temen lama juga, apalagi kita berenam udah bertemen selama setahun. Kenapa KEBULAH harus dilupain, sih? Okelah gue terlalu lebay, tapi nyatanya emang banyak sih yang nggak kepengan KEBULAH bubar gitu aja. Kayak misalnya Nirmala, dia yang tadinya nggak suka sama KEBULAH, tapi dia malah kangen sama masa-masa ketenaran KEBULAH.

Dhani, yang tadinya gue pikir bisa memimpin KEBULAH, ternyata dia udah mulai sibuk sama OSIS dan shuffle dance. Dia datengin gue sama Regina juga kadang ada maunya doang. Paling buat tugas dan masalah pacar. Selebihnya aja gue sama Regina manggil dia dikacangin. Apalagi kalo dia udah ketemu sama temen-temennya.Oiiya, si Dhani sekelas sama Bagas. Bukannya sama Dhani, malahan gue sama Regina jadi deket sama Bagas. Tapi gapapa lah, dia juga masih suka negor anak-anak KEBULAH.

Si Herdi, sih ya lumayan lah. Gue sama dia sering smsan. Kadang juga sering maen bareng. Tapi cuma sebentar dan nggak sedeket waktu dulu. Soalnya dia udah bikin kelompok baru yang buat dia lupa sama KEBULAH. Tapi, menurut gue sama Regina, Geng dia nggak setenar KEBULAH. Haha mungkin guenya aja yang nggak tau seberapa tenarnya Geng dia kali, ya. Oiya, si Herdi pernah bilang ke anak-anak KEBULAH kalo dia pengen pindah ke Bandung. Hati anak KEBULAH tersentuh dan gak nyangka kalo Herdi bakal pindah. Sampe akhirnya si Herdi bilang kalo dia boong dan cuma ngetes seberapa sedihnya anak-anak KEBULAH kalo ditinggal Herdi. Huanjerrr!!! Kita semua pada nyeburin Herdi ke kolam ikan rame-rame (ya enggaklah). Waktu itu Bokapnya Herdi meninggal. Gue, Amel sama Regina sedih banget, sekaligus kasian sama Herdi. Lebih parahnya, Bokapnya Herdi meninggal pas Amel lagi ulang tahun. Gue, Regina, Amel niatnya pengen ngelayat. Tapi yang bisa dateng cuma gue doang. Akhirnya, gue ngelayat bareng Celine (temen kelas 8). Pas dijalan, gue baru nyadar kalo gue gatau rumahnya Herdi. Hahaha, untung ada Manggala (temen kelas 8 juga), jadi kita ditunjukin ke rumahnya Herdi. Rumahnya Herdi rame, terus ada bendera kuning juga (berarti Herdi gak boong kalo Bokapnya meninggal). Gue ngucapin belasungkawa atas nama KEBULAH ke Nyokapnya Herdi. Herdi tampangnya udah kayak orang abis nangis. Selama gue di rumah Herdi, gue cerita-cerita sama dia. Sempet ngakak juga sih denger ceritanya. Sampe-sampe dia bilang “Kok, gue jadi kangen sama KEBULAH ya? Hahaha”

Kalo Amel masih tetep deket juga sih sama Gue dan Regina. Waktu awal-awal  emang Amel belom deket sama temen-temen kelasnya, dia sering maen ke 8.8. Dia juga udah mulai menyesuiakan diri sama kelasnya. Jadi, udah punya temen banyak. Ya, walaupun gue sama Regina udah jarang ke kelas dia, tapi kita tetep berhubungan lewat sms. Kadang juga pulang bareng sama gue. Sempet musuhan juga, sih, sebentar gara-gara salah paham. Ya, tapi akhirnya udah baikan kok. Dia pernah ngomong sama gue dan Regina kalo dia udah nggak eksis lagi gara-gara gak sekelas sama gue dan Regina. Kita bertiga langsung ngakak. Oiya. Amel sekelas sama mantan pacarnya, lho. Dia bilang “Gue bakal malu kalo nilai gue dibawah si mantan”. Eciyeee, Amel. Semangat kakak!

Tapi kalo Nabil, gue angkat tangan. Dia udah super-duper sombong. Apalagi dia sekarang temenan sama orang-orang yang eksis gitu. Gatau kenapa kalo misalanya Regina lewat didepan dia, matanya itu langsung sinis gitu ke Regina. Masih mending si Regina. Nah, gue? Diliat aja enggak sama dia. Padahal waktu kelas tujuh gue termasuk temen deketnya dia.

“Met, (nama panggilan Nabil) reunian KEBULAH yokkk!!” Gue nanya ke dia.
Eh, dia malah bilang  “What kebulah? Semacam makanan? Atau sekelompok orang idiot?”. Gue tau sekarang dia jadi anak gaul, tapi kenapa harus lupa sama KEBULAH coba? Padahal dia yang buat nama KEBULAH. Dia juga yang  kita bakal terus temenan walaupun jarak memisahkan. Tapi, faktanya? Nabil emang cuma ngomong doang.

Emmm, kalo dipikir-pikir, masa-masa dulu sama masa-masa sekarang itu beda banget. Jelaslah! Anak KEBULAH itu udah bener-bener beda banget sekarang. Berubah. Atau mungkin mereka udah lupa sama KEBULAH. Sedih gue kalo inget itu. Nggak nyangka aja kita dulu yang pernah kenal, akrab, kompak, sekarang jadi begini. Gue, Regina, Amel dan Herdi sih masih temenan. Kadang kalo ketemu juga kita suka bercanda. Tapi kalo Nabil sama Dhani, mereka tuh… Aduh, pokoknya nggak bisa diungkapin dengan kata-kata, deh. Terus sekarang Amel sama Dhani juga udah kayak musuhan gitu karena salah paham. Nabil juga kalo ketemu gue sama Regina sinis gitu (entah sengaja atau emang kayak gitu). Pokoknya, mereka yang dulu sama mereka yang sekarang udah bener-bener beda banget, deh. 

 Kadang gue sama Regina suka flashback kalo lagi bengong di kelas. Mencoba mengingat-ingat kejadian yang waktu dulu dilakuin bareng anak-anak KEBULAH. Kalo inget kejadian itu, gue sama Regina jadi nggak nyangka kalo Dhani, Herdi, sama Nabil jadi berubah gitu. Kadang kalo kita lewat kelas 7.1, kenangan-kenangan itu suka muncul lagi dipikiran kita. Pas kita ngerjain guru, ngocok big cola, nyontek massal, lari-lari bareng. Semua itu nggak akan gue lupain sampe sekarang. Gue sih berharap suatu saat mereka kangen sama KEBULAH. Oiya, buat korban yang jadi kejailan KEBULAH (guru maupun teman-teman di kelas) gue mau berterima kasih sama kalian. Karena tanpa kalian, KEBULAH nggak akan berarti apa-apa. Kita juga mau minta maaf karena kejailan kita selama ini. Dan selama gue jadi siswi SMP 3, kenangan yang paling indah dan tak akan terlupakan itu cuma di 7.1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Si Dia

Hasil Akhir Pemilu: Demokrasi Tumbuh

Lepaskan Tangismu