Gabut




            Gunakan waktumu sebaik mungkin. Dimana saja. Kapan saja.
            Yup. Gue punya cerita nih, jadi semua berawal dari gabutnya gue dalam perjalanan pulang sekolah. Waktu itu gue pulang bareng bokap naik motor. Dalam perjalanan kali ini gak ada topik yang mesti diobrolin antara gue dan bokap.
            Apa yang lo lakuin saat diboncengin, tapi gak ada topik pembicaraan sama bokap lo/temen lo/tukang ojek lo/siapapun itu?
            Diem. Bengong. Mikirin pacar lo. Atau gak mikirin nyokap lo di rumah masak apaan, kebetulan lo lagi laper. Ya berbagai macam yang kita pikirkan.
            Kalo gue? Tebak ngapain....
            Gue merhatiin orang-orang. Wakakakak emang kurang kerjaan, tapi menurut gue nih ini tuh bermanfaat. Daripada bengong, nanti kesurupan.
            Kenapa gue merhatiin orang-orang? Karena setiap orang dijalan pasti punya ‘sesuatu’ yang hm bisa dibilang aneh dan gue takjub gitu deh. Gak juga sih, tapi iya sih. Eh gatau deh, ini kan menurut gue.


            Gue pernah nih lagi merhatiin satu orang dijalan. Oiya anak SMA. Gak satu orang deng, 2 orang. Lagi boncengan tuh, cowo dua-duanya. Gue merhatiin mereka karna pertama yang gue liat adalah mereka buang sampah sembarangan ditengah jalan raya. Oemji banget gak tuh? Bayangin aja satu sampah ditengah jalan itu bisa lho bikin macet panjang. Nih misal, mereka buang sampah, pengendara lain lewat tanpa sadar ada sampah, terus tiba-tiba dia jatoh gara-gara sampah itu, ya jatoh aja gitu jangan tanya kenapa, soalnya ini dalam imajinasi gue, eh terus pengendara itu bikin macet sepanjang jalan. Dan cuma gara-gara sampah. Sampahnya gak gede sih, tapi bisa ngerugiin banyak orang. Bisa aja kan pengendara yang kejebak macet lagi buru-buru karna istrinya mau melahirkan, yaa kita tidak tahu.
            Oiya, balik lagi ke topik. Gue merhatiin mereka kan tuh, terus gue liatin apa yang selanjutnya mereka lakukan. Ternyata mereka tiba-tiba ngangkat jari tengahnya gitu ke gue. Lah? Gue diem. Gue mikir. Anjritt nih orang tau kali kalo gue mau ngajakin ribut. Fix dia harus jadi peramal kalo udah gede. Soalnya yang pengen jadi pegawai negeri udah kebanyakan. Okeh, gue senyum-senyum aja sambil mikir “aneh...”
            Kejadian selanjutnya. Objek yang gue perhatikan adalah seorang bapak-bapak yang boncengin 2 anaknya yang masih kecil, terus model boncengannya itu kaya yang nyamping gitu lho. Nih motor, terus disampingnya dikasih tempat buat anak-anak yang duduk. Istilahnya apadeh..... Ya gue lupa. Gak deng, gue gak tau.
            Gue liat bapak itu boncengin anaknya yang kira-kira masih TK. Satu cewe, satu cowo. Mereka jalan pagi banget sob. Mungkin jam setengah 6 kurang. Dan anak-anaknya kuat banget lagi. Behhh hebat banget dah.
            Bokap gue bilang “Liat tuh bapak itu. Ayah sering ngeliat dia di (dimana gitu gue lupa, pokonya daerah pusat)”.
            Demi apaa? Gila hebat banget. Anjritttt salut banget gue. Dari Tangerang ke daerah pusat bisa 30 km-an. Gue aja yang sekolahnya gak jauh-jauh amat udah pegel duluan sob. Hebat banget dah. Perjuangan hidup tuh. Ah pokonya kali ini gue salut banget.
            Okeh balik ke topik.
            Kenapa sih kita harus menaati peraturan lalu lintas? Ha? Agar tertib, agar gak macet. Yoi bener. “Peraturan dibuat untuk dilanggar” wkwkwkkw, bikin aje negara sendiri.
            Iya gue tau. Rata-rata mereka yang melanggar lalu lintas itu karena kesal, dalam keadaan buru-buru, egois, dan ngikutin orang lain.
            “Ahelahh, bete banget macet mulu, pacar gue udah nungguin juga”. Itu ceritanya seorang pemuda yang nyalip berlawanan arus, sambil klakson kendaraan yang ada diarus berlawanan, padahal itu jalan untuk kendaraan yang arusnya berlawanan.
            “Shitt. Gue kebelet kencing. Ah bodo amat dah, gak ada polisi ini”. Itu ceritanya seorang pemuda yang lagi nunggu lampu merah pindah ke warna ijo, dan ngerasa lampu merah itu lama banget dari arahnya, terus dia terobos deh lampu merahnya.
            “Parkir disini aja dah. Gaada tempat lain. Masih pagi ini kok kendaraan sepi”. itu ceritanya seorang pemuda parkir di sembarang tempat, disamping jalan raya yang kecil.
            “Ih tuh orang menerobos gitu aja. Ah kok makin banyak yang nerobos dah? Gue juga ah”. itu ceritanyya seorang pemuda yang menerobos lampu merah, karena banyak yang ikut nerobos.
            Karna capek. Lelah. Pegel. Itu semua jadi satu dan membuatnya melanggar lalu lintas. Puncaknya adalah saat pulang kerja/pulang sekolah. Behhilahhhh, kalo emosi bisa dilihat dari mata telanjang, pasti banyak banget. Terus ngumpul jadi satu diatas kepala. Digabungin sama emosi-emosi orang lain. Lama-lama mengembang saking keselnya terus pecah. Waww hebat sekali imajinasimu nadiya.
            Gapapa sih kalo mau melanggar peraturan lalu lintas. Biasanya kalo ngelanggar gitu minimal nyenggol dikit motor orang lain/ditilang, maksimal kecelakaan. Eh tapi jangan gitu juga dong. Pikirin juga nasib pengendara yang lain. Masa karna satu orang parkir disembarang tempat, bikin macet panjang. Kan kasian yang gak ngelanggar peraturan, dia kena imbasnya. Karena macet tadi banyak yang terlambat, banyak yang dihukum, banyak yang ketinggalan kereta, yaa kita tidak tahu apasaja. Padahal yang salah pengendara yang memarkir sembarangan, tapi banyak yang dirugikan.
            Yuk mari, kita sebagai pemuda Indonesia berani mengubah kebiasaan itu. Satu orang bisa ngefek ke satu bangsa lho. Gak satu bangsa juga sih. Minimal satu kelompok deh. Gak percaya? Ayo buktiin


#nasinaya

Nasinaya adalah tulisan yang isinya nasihat sotoy tak abadi. Bisa ngenyangin otak buat sementara waktu, sambil nunggu lauk pauk yang masih dimasak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Si Dia

Hasil Akhir Pemilu: Demokrasi Tumbuh

Lepaskan Tangismu